3 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Wifi Pada PC Dan Laptop

Wireless fidelity atau biasa disebut Wi-Fi merupakan salah satu kebutuhan yang utama bagi kebanyakan masyarakat di dunia untuk produktivitas dan terhubung dengan internet

Teknologi Wi-Fi ini sangat membantu produktivitas hidup banyak orang karena dengan teknologi Wi-Fi ini kita tetap bisa belajar, bekerja dan terhubung dengan internet dimana saja dan juga kapan saja yang kita mau.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Pasti kalian juga sangat merasa memerlukan Wi-Fi ini dalam kehidupan kalian sehari – hari kan?

Akan tetapi pernahkah kalian merasa kesal akibat dari jaringan Wi-Fi yang sangat lemot pada perangkat komputer atau laptop kalian? Hal tersebut bisa menghambat dan mengganggu segala kegiatan yang sedang kita lakukan atau kegiatan sehari – hari kita.

Sebenarnya ada beberapa trik untuk bisa kita lakukan dengan mudah mengatasi problem internet Wifi yang lemot tersebut.

Pada artikel kali ini akan kami berikan 3 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Pada Laptop Dan PC Dengan Mudah dan efektif. Silahkan disimak dengan baik berikut ini:

1 Flushing DNS untuk Reset Cache DNS Server

Dalam sebuah jaringan internet atau Wifi selalu akan terjadi perubahan di dalam sebuah domain, server name dan begitu juga DNS nya.

Flush DNS ini berfungsi untuk mereset kembali Cache DNS sebelumnya pada laptop atau PC kalian yang digunakan sehingga perangkat kalian akan menyesuaikan informasi dari perubahan – perubahan tersebut.

Berikut adalah cara untuk reset network atau flushing DNS:

  • Bukalah dahulu “Command Prompt” dengan cara klik kanan pada opsi “Command Prompt”, dan pilih lah “Run As Administrator”.
  • Ketik lah “ipconfig /flushdns” kemudian pilih opsi “Enter” pada keyboard kalian untuk segera memulai proses.
  • Tunggulah proses hingga selesai, kemudian ulangi lagi seperti sebelumnya tapi dengan Mengetikkan “ipconfig /renew” kemudian Enter untuk memulai proses.
  • Tunggu hingga proses kedua selesai lalu tutuplah Command Prompt dan cobalah kembali mencoba internet kalian apakah sudah normal kembali atau belum.

2 Mencari Lokasi Dengan Sinyal Wifi Yang Kuat

Ada beberapa kesalahan dari user yang membuat jaringan Wifi menjadi lemot dan lambat. Salah satunya adalah dengan lokasi tempat kalian mengakses Wifi tersebut.

Jika kalian berada sangat jauh dari router maka sudah dipastikan signal Wifi pasti tidak kuat, begitupun dengan internetnya.

Jadi lokasi akses Wifi merupakan salah satu hal yang krusial guna mendapatkan jaringan internet yang cepat dan tidak lemot.

Berikut adalah beberapa pertimbangan guna mengatur sinyal WiFi lebih baik untuk di area kalian:

  • Janganlah kalian meletakkan router di tempat yang sekiranya dapat mengganggu kekuatan signal Wi-Fi tersebut seperti tempat yang terhalang tembok besar atau besi misalnya.
  • Untuk memperkuat sinyal Wi-Fi tersebut kalian dapat menggunakan alat tambahan yang disebut Wi-Fi Repeater. Alat ini fungsinya adalah untuk memperkuat sinyal Wi-Fi dari router dengan cara menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali.
  • Mengatur peletakkan alat – alat yang menggunakan jaringan seperti bluetooth atau microwave baik dari routernya atau PC dan laptop kalian. Sinyal – sinyal dari alat – alat tersebut dapat mengganggu kestabilan internet pada Wi-Fi kalian.

3 Mengubah Pengaturan QoS Pada PC kalian

Bagi yang belum tahu, sistem operasi windows pada perangkat PC kalian dari Windows 8 ke atas membagi bandwidth internet kalian menjadi 20% untuk kebutuhan update dari Windows itu sendiri dan 80% nya lagi untuk ketersediaan kalian menggunakan internet tersebut.

Dengan begitu, maka cara selanjutnya untuk mempercepat koneksi Wifi pada PC kalian adalah dengan mengatur QoS tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kliklah menu Start kemudian cari opsi Run dan kalian ketik “gpedit.msc” (tanda kutip nya jangan diketik ya) kemudian klik OK
  • Setelah itu kalian akan menuju Local Computer Policy. Selanjutnya pilihlah Computer Configuration kemudian pilih opsi Administrative Templates.
  • Setelah itu klik opsi Network lalu cari dan klik opsi QoS Packet Scheduler.
  • Setelah kalian klik QoS Packet Scheduler, carilah dan klik dua kali pada file Limit Reservable Bandwidth.
  • Setelah terbuka selanjutnya klik menu Enable dan isilah nilai 0 pada kolom bandwidth limit.
  • Setelah kalian ketik nilainya lalu Klik Apply kemudian restart PC kalian dan proses pengaturan QoS berhasil.

Demikianlah 3 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Pada Laptop Dan PC Dengan Mudah dan efektif. Ketiga cara diatas sangat mudah untuk dilakukan dan kalian ikuti.

Gunakan sesuai dengan yang sudah kami jelaskan maka kalian akan dapat mempercepat koneksi wifi pada PC kalian.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.