Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Android

Masalah kartu SIM tidak terbaca atau terdeteksi merupakan salah satu masalah yang paling menyebalkan bagi para pengguna hp Android. Apalagi jika kasus ini muncul secara tiba-tiba ketika kita berada di kondisi yang sangat penting.

Bagi Anda yang ingin mengatahui penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca pada hp Android yang Anda miliki, silahkan simak penjelasan dari alatekno di bawah ini!

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Android

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Kartu SIM Sudah Usang

Pada umumnya, barang yang sudah terlalu lama terpakai lambat laun akan mengalami kerusakan. Hal ini juga berlaku pada beberapa kartu SIM, dimana komponen plastik dan kuningannya akan secara perlahan menurun kualitasnya setelah pemakaian 4-5 tahun atau lebih.

Apabila kondisi ini terus dibiarkan dan komponennya menjadi semakin usang, maka kartu SIM tersebut akan mengalami masalah. Salah satu masalah yang mungkin terjadi akibat kartu SIM yang sudah usang atau umur pakainya terlalu lama yakni kartu SIM tersebut tiba-tiba tidak bisa terbaca ketika dipasang di hp Android.

Lempengan Kuningan Kartu Telah Rusak

Lempengan kuningan pada kartu SIM merupakan komponen yang sangat penting, dimana di dalam komponen tersebut terdapat data-data milik pelanggan kartu SIM.

Apabila kartu SIM sering dipindahkan dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain, kemungkinan lempengan kuningan mengalami gesekan akan cukup sering sehingga berpeluang mengalami kerusakan dan tidak terbaca.

Kartu SIM Mengalami Overheat

Pada beberapa tipe hp Android, panas berlebih atau overheat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Hal ini menjadi salah satu penyebab kartu SIM tidak terbaca karena umumnya kartu SIM berada di bagian yang dekat dengan komponen hp Android yang rawan panas.

Ketika komponen hp Android yang rawan panas tersebut sering mengalami overheat, maka simcard yang terpasang juga berpeluang mengalami overheat sehingga menjadikannya tidak dapat terbaca dengan baik.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Membersihkan Kartu SIM

Lepaskan kartu SIM yang ada di hp Android Anda, lalu bersihkan komponen kuningan kartu SIM menggunakan cotton bud atau penghapus dengan cara menggosokannya secara perlahan.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada komponen kuningan kartu SIM yang menyebabkannya menjadi tak terbaca.

Setelah dirasa sudah bersih, pasang kembali kartu SIM pada slotnya, kemudian nyalakan kembali hp Android Anda. Apabila berhasil, maka indikator jaringan operator seluler akan muncul di layar hp Android yang menunjukkan kartu SIM telah normal.

Nonaktifkan Ponsel dan Coba Simcard lain

Apabila cara pertama belum berhasil, Anda dapat mencoba memasang kartu SIM lainnya atau meminjam kartu SIM milik teman dan memasangnya di ponsel milik Anda.

Apabila kartu SIM lain dapat terbaca dengan baik sedangkan kartu SIM yang pertama tidak, besar kemungkinan Simcard pertama milik Anda tersebut telah mengalami kerusakan.

Jangan lupa juga untuk mencoba memasang kartu Anda di ponsel lain untuk memastikan apakah kartu tersebut masih bisa terbaca atau tidak.

Selain itu, jika ponsel Anda memiliki dual slot kartu SIM, coba tukar posisi slot SIM Card 1 ke slot SIM Card 2 untuk permasalahan ada pada kartu SIM Anda atau slot SIM Card ponsel milik Anda.

Reset Jaringan Operator

Apabila di slot kartu SIM 1 tidak terbaca namun di slot 2 terbaca dengan normal ataupun sebaliknya, kemungkinan masalahnya ada pada jaringan operator seluler yang menyebabkan simcard Anda menjadi tidak normal.

Anda dapat melakukan reset jaringan di hp Android secara otomatis untuk solusi permasalahan ini. Akan tetapi apabila reset jaringan secara otomatis masih belum berhasil, Anda dapat mereset jaringan operator kartu SIM secara manual dengan mengganti Acces Point Name atau APN di pengaturan Kartu SIM & jaringan seluler hp Android.

Setel Ulang Pabrik HP Android

Apabila beberapa metode sebelumnya masih belum dapat mengatasi permasalahan kartu SIM tidak terbaca, Anda dapat mencoba melakukan setel ulang pabrik atau factory reset hp Android. Metode ini akan membuat seluruh pengaturan sistem di hp Android seolah kondisinya seolah baru kembali.

Akan tetapi perlu untuk Anda perhatikan bahwa sebelum melakukan factory reset, pastikan untuk melakukan backup seluruh data penting di hp Android Anda terlebih dahulu untuk langkah antisipasi.

Konsultasi Langsung ke Customer Service Operator Seluler

Menghubungi atau mendatangi customer service operator seluler kartu SIM bermasalah bisa menjadi langkah terakhir untuk Anda pilih serta untuk menghindari resiko yang lebih buruk.

Dengan berkonsultasi langsung ke customer service operator seluler, Anda dapat mengajukan penggantian kartu SIM dengan nomor yang sama apabila kartu SIM milik Anda sudah rusak total dan tidak dapat digunakan kembali.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca dengan baik. Semoga tips dari alatekno di atas dapat bermanfaat dan mengatasi permasalahan yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *