Cara agar Telegram tidak Mendownload Gambar atau File Secara Otomatis

Siapa sih yang tidak mengetahui atau pernah menggunakan aplikasi Telegram?

Salah satu aplikasi untuk saling berkirim pesan secara online ini gratis dan sudah dirilis sejak tahun 2013 lalu. Sistem operasi yang didukung juga sangat lengkap baik dari sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, dan untuk versi desktop nya antara lain Windows, macOS, dan Linux.

Cara Agar Telegram Tidak Mendownload gambar atau File Secara Otomatis

Mirip seperti Whatsapp yang bisa digunakan untuk membuat group dan menampung sejumlah pengguna didalamnya, Telegram pun dapat melakukan hal tersebut. Akan tetapi fiturnya jauh melebihi dari Whatsapp itu sendiri.

Telegram mampu menampung jauh lebih banyak anggota dalam sebuah group yang dibuat. Dilansir dari situs resminya di telegram.org bahwa telegram mampu menampung anggota sebanyak 200 Ribu anggota dalam satu group saja.

Jumlah tersebut tidaklah kecil dan sangat banyak loh dibandingkan dari jumlah keanggotaan grup pada Whatsapp. Whatsapp group sendiri hanya mampu menampung anggota sejumlah 256 orang saja dalam sebuah group nya.

Sama seperti aplikasi – aplikasi lainnya yang sejenis, Telegram juga tidak hanya untuk mengirim pesan dalam bentuk text saja, akan tetapi juga dalam bentuk foto, stiker, video, audio ataupun file lainnya seperti (doc, zip, mp3, dsb).

Dan saat ini banyak yang memanfaatkan telegram sebagai media untuk bertukar banyak film – film korea dan menontonnya bersama – sama loh. Sangat fungsional sekali aplikasi ini untuk kehidupan kita sehari – hari.

Akan tetapi tidak sedikit dari kita pasti tidak ingin mendownload begitu saja file – file yang ada atau dikirim ke dalam sebuah group maupun private chat kalian bukan. Karena terdapat kemungkinan bahwa file – file itu bisa mengandung Malware yang bisa merusak sistem operasi perangkat kalian.

Selain itu, mendownload semua file tanpa kita sadari akan berakibat pada borosnya quota internet yang kita pakai serta jumlah memori pada perangkat kita masing – masing.

Untuk itu pada artikel kami kali ini akan kami berikan tutorial pada kalian untuk bagaimana sih cara agar telegram tidak mendownload gambar atau file secara otomatis lagi pada perangkat kalian?

Berikut adalah caranya:

Cara Agar Telegram Tidak Mendownload gambar atau File Secara Otomatis

Pertama – tama pastikan dahulu kalian sudah mendownload serta menginstall aplikasi telegram di HP Android kalian.

Setelah itu bukalah aplikasi telegram kalian, dan login ke akun kalian apabila kalian masih di posisi login saat membuka aplikasi.

Silahkan kalian tekan tombol “tiga strip” yang berada pada bagian kiri atas, kemudian memilih opsi menu Pengaturan.

Cara Agar Telegram Tidak Mendownload gambar atau File Secara Otomatis

Setelah masuk ke pengaturan kemudian pilih opsi menu Data dan Penyimpanan.

Cara Agar Telegram Tidak Mendownload gambar atau File Secara Otomatis

Silahkan kalian nonaktifkan semua bagian pada keterangan download media otomatis dan putar otomatis tersebut.

Cara Agar Telegram Tidak Mendownload gambar atau File Secara Otomatis

Selamat kalian sudah berhasil untuk merubah aplikasi telegram kalian tidak mendownload gambar atau file secara otomatis lagi.

Jika kedepannya ada seseorang yang mengirim sebuah file apapun kepada kalian baik itu di grup maupun pada private chat, maka file tersebut tidak akan lagi didownload secara otomatis.

Semua kendali dari mendownload file – file tersebut ada di dalam kendali kalian masing – masing.

Dengan ini maka kalian dapat dengan tenang mengatur segala penggunaan kuota internet agar tidak menjadi boros yang disebabkan oleh proses download suatu file yang tidak begitu penting.

Selamat mencoba dan menikmati perubahan sederhana yang sangat berpengaruh tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.