Cara Mengatasi Bunyi Berisik Rantai Suzuki Satria Fu

Mungkin ada dari sobat yang tidak nyaman dengan bunyi berisik rantai motor satria Fu saat motor berjalan di jalan yang jelek atau jalan yang berlubang.

Biasanya bunyi itu muncul karena rantai motor kita sudah kendor dan mengakibatkan ketika melewati jalan yang berlubang rantai motor bergesekan dengan swing arm sehingga menghasilkan bunyi yang berisik yang tidak nyaman didengar.

Tapi jangan khawatir, sobat bisa mengatasinya tanpa harus membawa motor kesayangan ke bengkel, hemat uang dan hemat waktu tanpa harus jauh – jauh melakukan servis ke bengkel. Cukup sediakan kunci ring 14 , 19 dan 12. Semua masalah itu bakal tertangani dengan mudah.

Cara Mengatasi Bunyi Berisik Rantai Suzuki Satria Fu

1.Pasang posisi motor pada standart 2 / ganda
Kendorkan mur / baut As roda ( No 1 ) dengan kunci Ring 19 dan 14 (bagian kiri dan kanan) . cukup kendorkan saja 2 – 3 putaran, jangan sampai lepas Mur nya.

2. Puntir Mur penyetel rantai ( No 2 ) searah jarum jam
Puntir menggunakan kunci 12 ( bagian kiri dan kanan karena ada dua baut) maka pelan pelan roda akan tertarik kebelakang dan rantai akan mengencang secara perlahan.

Usahakan saat memutar penyetel rantai antara baut yang kanan dan kiri seimbang, misalnya jika kanan diputar 2 putaran maka kiri juga 2 putaran agar posisi roda tidak miring.

3. Lakukan pengencangan hingga penyetelan rantai Pas
( tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang). Cara menyetelnya dengan cara mendekatkan rantai dengan swing arm menggunakan tangan.

Spesifikasi penyetelan Rantai Suzuki Satria Fu

Jarak antara rantai dengan swing arm 0 cm / rantai menempel dengan swing arm maka rantai terlalu kendor, akibatnya akan terjadi bunyi berisik / rantai bisa selip
Jarak antara rantai dengan swing arm +- 1 cm maka penyetelan pas
Jarak antara rantai dengan swing arm lebih dari  1 cm maka penyetelan terlalu kencang, akibatnya rantai bisa putus dijalan, tarikan motor berat dan bearing roda cepat aus / pecah.
 
4. Setelah penyetelan selesai , kencangkan kembali Mur / baut 19 dan 14 .
Setelah itu kencangkan juga mur no 2 / baut penyetel rantai dengan kunci 12. selamat sobat sudah bisa menangani rantai motor satria Fu yang berisik.

Sekian tips saya tentang Cara Mengatasi Bunyi Berisik Rantai Suzuki Satria Fu setelah mencoba tips diatas dijamin motor kesayangan sudah tidak berisik lagi saat berjalan di jalan jelek / di polisi tidur. Akan tetapi jika sudah diotak atik otak atik  rantai sudah tidak bisa dicari posisi yang pas keungkinan rantai sudah aus dan harus diganti yang baru.

Cara mengatasi rantai motor berisik diatas juga bisa diterapkan untuk segala jenis motor karena prinsip kerjanya hampir sama, yang membedakan palingan hanya pada ukuran kunci yang dipakai saja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *