5+ Cara Mengambil Data Orang Lain lewat Jaringan Wifi Android

Mengambil Data Orang Lain lewat Jaringan Wifi Android – Anda orang tua yang merasa khawatir dengan perilaku anak Anda gemar bermain internet? Anda bisa mengawasinya lewat jaringan Wifi android.

Bagi Anda yang berbagi koneksi Wifi dengan tetangga, Anda juga bisa mengetahui aktivitas internet mereka lewat Wifi android.

Ada berbagai cara monitoring lalu lintas internet orang lain lewat Wifi android, namun Anda harus memastikan tindakan tersebut pada jaringan Wifi Anda dan bukan jaringan Wifi publik.

Sebab, jika Anda lakukan pada jaringan umum, tentu saja tidak etis dan Anda bisa berurusan dengan hukum. Nah, apa saja cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android? Simak, uraian selengkapnya berikut ini.  

Menggunakan Aplikasi Cloneit

Cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android bisa menggunakan aplikasi Cloneit. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis pada Google Playstore.

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memindahkan seluruh data dari satu perangkat android ke perangkat android lainnya.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkan Cloneit untuk mengambil data orang lain lewat Wifi android. Ini juga bukan berarti Anda bisa bertindak semaunya dengan pengambilan data orang lain tersebut.

Tujuan Anda mengetahui cara kerja Cloneit adalah untuk mewaspasdai tindakan oknum tidak bertanggungjawab yang sewaktu-waktu bisa saja menyalahgunakan data pribadi pada ponsel Anda.

Nah, untuk menjalankan Cloneit, harus ada dua ponsel yang sudah mengunduh aplikasi Cloneit tersebut. Anda dapat menamakan ponsel A dan ponsel B. Ponsel A bertindak sebagai pengirim data dan ponsel B bertindak sebagai penerima data.

Selanjutnya, Anda harus menghubungkan kedua ponsel tersebut. Jika sudah terhubung, maka ponsel B dapat memilih data apa saja yang diinginkan dengan menekan tombol “start”.

Adapun jumlah ukuran data beserta estimasi waktu pengiriman sudah tertera pada keterangan di aplikasi.

Selamat, Anda berhasil memindahkan data ponsel A ke ponsel B. Data ponsel A akan segera terkirim berdasarkan estimasi waktu yang sudah tertera.

Apa yang tidak boleh dilakukan ketika memakai jaringan Wifi gratis? Sebaiknya Anda tidak bertransaksi secara daring lewat Wifi gratis sebab bisa membahayakan data pribadi Anda.

Anda juga tidak boleh mengakses sistem informasi perusahaan, informasi sensitif, serta tidak boleh melihat konten tidak pantas.

Menggunakan Cain&Abel

Menggunakan cain&abel adalah cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android.

Anda bisa mengikuti langkahnya berikut ini yaitu dengan membuka program cain&abel. Kemudian, klik pada configure (pada bagian sniffer, pilih ethernet card yang Anda gunakan) dan klik apply.

Selanjutnya, kembali pada menu utama yang terdapat 8 tab yaitu sniffer, decoder, network dan lain-lain, kemudian memilih tab sniffer.

Untuk mengaktifkan sniffer, sebaiknya Anda memilih tombol start/stop sniffer yang ada pada bagian atas tab (di dekat icon folder).

Jika Anda berada pada jaringan Hub, maka Anda sudah bisa mengetahui passwordnya dengan menekan tab password pada bagian bawah tabelnya.

Namun, jika Anda ternyata berada di jaringan switch, Anda membutuhkan perjuangan ekstra.

Nah, Anda harus memilih tab APR yang berada di bagian bawah list tabel. Kemudian, Anda mengaktifkan APR yang tombolnya berada pada sebelah kanan start/stop sniffer.

Namun, cara ini tidak terjamin berhasil karena manage dari jaringan switch jauh lebih lengkap dan secure dari jaringan hub.

Selanjutnya, pada tab APR terdapat 2 tabel list yang kosong. Nah, Anda harus menekan tombol list yang paling atas kemudian memilih tombol + yang berada pada sebelah atas tab sniffer.

Lalu, Anda menghubungkan antara alamat ip ponsel yang Anda ingin ambil datanya dan alamat ip gateway server.

Adapun untuk mengetahui alamat gateway server, Anda bisa menekan tombol start pada PC Anda dan memilih “run” lalu mengetik “cmd” lalu mengetik ipconfig pada command prompt.

Setelah itu, silakan aktifkan APR. Nah, semua data dari PC yang ingin Anda ambil datanya ke server dapat Anda lihat dengan cara yang sama.

Baca juga: Ini Dia 7+ Aplikasi Penguat Sinyal Wifi Android Paling Ampuh

Menggunakan Zanti

Cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android juga bisa menggunakan zanti. Aplikasi ini termasuk perangkat lengkap jika ingin mengeksploitasi keamanan Wifi.

Sebabnya, dapat memberikan informasi detail mengenai jaringan Wifi yang Anda targetkan serta menyuguhkan laporan lengkap berkaitan dengan keamanan Wifi.

Apakah Wifi gratis bisa diakses tanpa password? Anda bisa mengakses Wifi gratis tanpa password dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi androdumpper terbaru pada ponsel Anda.

Kemudian, bukalah aplikasi tersebut pada lokasi yang terjangkau jaringan Wifi. Nah, aplikasi tersebut akan otomatis mendeteksi jaringan Wifi.

Anda tinggal menekan “try connect”. Jika sudah muncul pesan warning, maka Anda bisa melewati dengan menekan “continue”.

Selanjutnya, muncul dua pilihan yaitu Custom PIN dan No Custom PIN. Anda bisa memilih No Custom PIN dan otomatis, AndroDumpper akan berusaha mengambil jaringan Wifi dengan teknik brute-force attack.

Anda harus menunggu sekitar 10 sampai 30 detik saja. Nah, jika sudah berhasil, tertera pesan Connection Succeeded. Ini berarti Anda berhasil mengakses Wifi gratis tanpa password.

Menguasai Teknik MITM

Teknik Man in The Middle (MITM) merupakan cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android. Teknik ini berlangsung dua tahap yaitu interception dan decryption.

Pada interception, Anda telah mendapatkan akses jaringan melalui Wifi android yang tidak aman atau Anda memanipulasi server DNS.

Kemudian, Anda bisa melakukan scanning terhadap router-router untuk mencari kelemahan dan celah yang dapat Anda susupi.

Selanjutnya, Anda perlu mendeskripsi dua arah trafik agar ponsel yang Anda ambil datanya tidak mendapatkan peringatan jika datanya sudah terambil. Pada tahap deskripsi, Anda bisa

menggunakan beberapa metode seperti, SSL beast, HTTPS spoofing, SSL stripping. SSL hijacking.

Bagaimana cara menggunakan Wifi? Cara menggunakan Wifi yaitu Anda bisa menekan tombol start dan memilih menu connect to, kemudian memilih wireless network connection.

Anda bisa melihat daftar Wifi yang tersedia dengan menekan refresh network list, maka akan terlihat apakah Anda bisa menerima sinyal Wifi atau tidak.

Kemudian, Anda bisa memilih salah satu jaringan Wifi yang tersedia, kemudian menekan tombol connect. Jika layanan Wifi tersebut gratis, Anda bisa otomatis tersambung internet.

Namun, jika layanan Wifi terproteksi, maka Anda harus mencantumkan password dan confirm password agar bisa terhubung internet.

Menggunakan Access Point Palsu

Cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi Android juga bisa menggunakan access point palsu. Ada tiga teknik membuat akses poin palsu antara lain, evil twin AP (AP kembar), unauthorized AP (Acces Point), dan bridging connection.

Teknik evil twin AP (AP kembar) mempunyai nama yang sama (SSID) dengan akses poin yang asli. Teknik ini akan membuat Anda kesulitan membedakan akses point yang asli dan yang palsu.

Teknik unauthorized AP (Acces Point) menyediakan akses point yang dapat digunakan tanpa memerlukan authentikasi. Namun, teknik ini masih dapat membedakan akses point palsu dan akses point asli.

Teknik yang ketiga adalah bridging connection yang menggunakan sebuah akses poin yang menjadi penghubung antara pengguna dengan akses poin asli. Data-data pengguna akan terhubung ke akses poin palsu.

Kemudian, akses poin palsu ini akan mengirimkan data ke akses poin asli. Sehingga, pengguna tetap dapat terhubung ke internet. Hanya saja, “penyerang” dapat menangkap data-data yang dikirimkan pengguna ke internet.

Mengapa hacker menggunakan cara hack android dalam satu jaringan Wifi? Biasanya hacker meretas ponsel android target, yang terhubung pada jaringan Wifi yang sama dengan ponsel miliknya.

Karena cara ini mudah dilakukan dan mudah menjebak pengguna android masuk perangkap hacker. sehingga target mudah didapatkan.  

Menggunakan Paket Sniffing

Cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android berikutnya yaitu menggunakan paket sniffing yang terdiri dari active sniffing dan passive sniffing. Anda harus terhubung dahulu dengan jaringan Wifi publik, kemudian baru Anda dapat mengambil data dan informasi sensitif tanpa izin.

Active sniffing adalah mengambil data orang lain dengan cara mengubah isi paket data dalam jaringan. Sedangkan, passive sniffing mengambil data orang lain dengan tidak mengubah isi paket data tersebut. Cara kerja sniffing melewati beberapa tahapan yaitu collection, conversion, analysis, dan pengumpulan data.

Pada tahap collection, Anda mengubah interface dan mengumpulkan semua paket data melalui jaringan yang sedang Anda awasi. Kemudian, conversion adalah mengubah data berbentuk binary ke dalam data yang mudah Anda pahami.

Lalu Anda dapat menganalisis data yang sudah dikonversi ke dalam blok-blok protokol berdasarkan sumber transmisi data. Selanjutnya, Anda pun berhasil mengambil data orang lain lewat sniffing.

Baca juga: Ini Dia 9+ Cara Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi Android

Penutup

Itulah 5+ cara mengambil data orang lain lewat jaringan Wifi android. Segala sesuatu yang dengan mudahnya mengambil hak orang lain atau data orang lain tanpa seizin pemiliknya merupakan tingkatan ilegal dan tidak terpuji.

Sebaiknya Anda menanyakan password Wifi kepada pemiliknya jika memang mau mengakses internet gratis. Selain itu, hindarilah mengambil data orang lain secara ilegal dan tidak meretas situs orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *