13 Tips Penting Saat Membeli Hp Android Bekas / Second

Hp adalah alat komunikasi yang sangat penting di era sekarang, hampir semua orang di dunia ini memiliki sebuah Hp entah hp android atau hanya hp yang hanya bisa buat sms dan telpon saja.

Karena memang tanpa sebuah handphone kita akan kesusahan dalam menghubungi seseorang atau akan kesusahan dalam menjalankan sebuah bisnis.

tips membeli hp bekas

Harga dari sebuah handphone juga berbeda beda tergantung pabrikan & spek yang dimilikinya, Untuk Hp pabrikan yang sudah ternama seperti Samsung dan Sony harga yang dibanderol pastilah lebih mahal daripada hp dari pabrikan yang belum ternama.

Jika anda menginginkan sebuah Hp Android dari pabrikan ternama tetapi uang anda tidak cukup untuk membeli satu unit hp yang baru solusinya pastilah anda harus membeli sebuah unit hp bekas / second.

Hp bekas / second tidak melulu ada minusnya / kekurangannya, kadang jika anda cermat dalam memilih dan mengecek hp bekas / second yang akan anda beli, anda akan bisa mendapatkan hp Android bekas / second dengan kualitas barang yang masih bagus seperti unit hp yang baru.

13 Tips Penting Saat Membeli Hp Android Bekas / Second

1. Cek Body Hp

Saat pertama kali melihat sebuah hp android bekas yang akan anda beli hal pertama yang harus anda cek adalah body hp tersebut, mulai dari casingnya apakah ada retak / pecah lalu back casingnya apakah ada retak dan pecah dan juga lihat layarnya apakah ada yang retak atau pecah.

2. Cek Layar LCD

Setelah body hp oke lalu hidupkan layarnya dan cek Lcd nya apakah ada garis hitam, bintik hitam atau garis putih yang abnormal. Jika ada berarti layar Lcd tersebut sudah cacat atau rusak. Lalu jangan lupa cek juga touchscreennya apakah masih enak atau tidak.

3. Cek Tombol

Setelah cek layar lcd langkah selanjutnya adalah cek tombol – tombol hp tersebut misalnya tombol menu, tombol back, tombol kunci, tombol volume dan tombol power On / Off. Pastikan semuatombol berfungsi dengan baik.

4. Cek Software

Setelah semua tombol berfungsi selanjutnya adalah cek software Hp android tersebut, caranya adalah melihat info telepon pada menu pengaturan, disana akan terlihat versi softwarenya apakah masih original atau sudah dilakukan root.

5. Cek Kamera

Setelah softwarenya original selanjutnya adalah cek fungsi kamera hp tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya adalah lakukan jepretan lalu lihat hasilnya apakah buram atau jernih

6. Cek Microphone

Setelah kameranya oke selanjutnya adalah cek microphonenya dengan cara melakukan telpon ke nomor kita sendiri nanti akan bisa diketahui apakah microphonenya masih berfungsi atau tidak.

7. Cek Speaker

Untuk cek speakernya adalah dengan memutar Mp3 dan atur volumenya sampai mentok dan dengarkan apakah ada suara ‘ngeprek / cempreng’ atau tidak.

8. Cek Koneksi Internet

Setelah microphone dan Speaker oke selanjutnya adalah cek koneksi internetnya dengan memutar video di youtube, normalnya jika koneksi internetnya masih bagus maka pemutaran video di youtube akan lancar ( kecuali sedang gangguan jaringan ).

9. Cek Slot Simcard dan Memory Card

Setelah koneksi hp oke selanjutnya adalah cek slot simcard dan memory card, jangan sampai slotnya tidak bisa membaca data simcard dan memory card.

10. Cek Segelnya

Untuk hp android dengan batrai yang bisa dilepas maka cara mengeceknya adalah dengan membuka casing belakang lalu copot batrenya pasti nanti ada segel yang menutupi lubang baut hp tersebut. Pastikan segel masih utuh dan tidak rusak / cacat.

11. Cek No IMEI

IMEI adalah nomor seri sebuah hp, jadi nomornya unik dan tidak bisa diganti pastikan nomor IMEI dengan dusbooknya sama caranya adalah ketik *#06# maka otomatis akan muncul no IMEI nya lalu cocokkan dengan dusbook hp nya.

12. Cek Fungsi Charger dan Hedset

Tancapkan hedset dan putar sebuah lagu pastikan ada suaranya lalu tancapkan charger ke lubang charger dan pastikan indikator batrei melakukan pengisian.

13. Cek Kelengkapan Hp

Langkah terakhir adalah mengecek kelengkapan secara keseluruhan seperti Headset, dusbook, charger, Kartu garansi dan kuitansi pembelian. Syukur – syukur masih dalam masa garansi jadi masih gratis jika suatu saat ada kerusakan.

Jika 13 hal tersebut anda lakukan saya jamin anda akan bisa mendapatkan hp android bekas / second dengan kualitas yang bagus dan tidak akan mengecewakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *